Penjualan tiket kereta api untuk perjalanan mudik lebaran sudah resmi dijual PT Kereta Api Indonesia (Persero) (KAI) pada 25 Februari lalu, baik di situs resmi PT KAI atau pun platform penjualan tiket kereta api online. Tahun ini PT KAI menyediakan kereta api sebanyak 393 kereta api, naik 3 persen dibanding tahun lalu.

Berdasarkan hasil survei yang dilakukan Azura beberapa waktu lalu, terhadap lebih dari 1350 responden, 39% responden yang memilih mudik dengan tiket kereta api telah memesan tiket perjalanan mereka 1-2 bulan sebelum mudik. Survei ini pun diperkuat oleh data historikal Azura, yang menunjukan terjadi peningkatan pembelian tiket kereta api pada dua bulan sebelum lebaran. Alasan pengguna memesan tiket lebih cepat,  karena takut kehabisan tiket kereta.

Agar tidak kehabisan tiket kereta api saat mudik tahun ini, ada baiknya Anda untuk mengikuti beberapa kiat yang diberikan Azura.

1. Tentukan tanggal keberangkatan.

Hal yang paling penting adalah menentukan tanggal perjalanan mudik Anda. Meskipun pemerintah belum menetapkan tanggal cuti bersama. Namun, kamu sudah bisa mengira-ngira kapan waktu yang pas untuk mudik lebaran tahun ini. Jika sudah menentukan tanggal, cek jadwal reservasi dan pembelian kereta yang sudah ditentukan oleh PT KAI.



2. Siapkan Data Identitas 

Jika Anda ingin membeli tiket mudik secara kolektif untuk keluarga atau rekan sejawat, pastikan Anda memiliki semua identitas mereka, seperti nomor KTP dan Nama Lengkap. Sempatkan waktu untuk memindahkan data identitas tersebut ke dalam note atau microsoft word. Sehingga, saat pembelian tiket kamu tidak direpotkan untuk mencari data identitas mereka.

Cara yang lebih mudah, jika Anda suka memesan tiket dari salah satu platform online travel agent (OTA), Anda bisa mendaftarkan data penumpang di platform tersebut.


3. Pesan Dini Hari

Untuk mewujudkan lebaran bersama keluarga tahun ini, tidak ada salahnya berkorban untuk begadang mencari tiket kereta untuk mudik. Biasanya pada jam dini hari masih sedikit orang mengakses platform pembelian tiket kereta untuk mudik. Peluang Anda untuk mendapatkan tiket mudik akan lebih besar. Jangan lupa untuk memastikan jaringan internet Anda dalam kondisi yang stabil dan bagus.

4. Pilih Metode Pembayaran Instan

PT KAI menetapkan waktu 60 menit batas pembayaran saat pemesanan tiket kereta untuk mudik tahun ini. Jika dalam masa tersebut Anda tidak melakukan pembayaran, makan tiket yang Anda pesan, akan dijual kembali. Nah, agar tiket segera dapat ditangan, pilih metode pembayaran yang instan dan memudahkan Anda, seperti kartu kredit, mobile banking atau digital payment lainnya.

5. Jangan Bergantung Pada Satu Platform

Rumornya, setiap platform resmi penjualan tiket kereta online memiliki kuota. Hal ini dapat Anda manfaatkan dengan baik dan jangan bergantung pada satu platform saja. Walaupun Anda sudah setia dengan satu platform pembelian tiket online, tidak ada salahnya untuk mencoba platform online lain untuk mendapatkan tiket kereta mudik yang Anda inginkan.



*NB:
Tambahan Trik Dari Saya Qori Owner Azura Travel
Calon penumpang menggunakan langkah-langkah ini saat berburu tiket Lebaran nanti. Ini untuk mendapatkan tiket kereta tambahan.

"Kalau mau pesan, jangan pas pukul 00.00 WIB. Triknya, tunggu 7 menit kemudian. Kalau masih belum dapat, jangan putus asa, tunggu lagi 30 menit lagi atau pas sudah sejam.

Jeda waktu itu, menurutnya, lantaran beberapa transaksi yang sebelumnya masuk untuk reservasi namun kemudian tak berhasil hingga ke tahap pembayaran. Maka transaksi tersebut pun gagal.

"Jadi banyak sekali yang gagal ketika sudah proses reservasi atau dia ulang lagi karena salah isi identitas, itu akan refresh lagi alias ngulang beberapa jam kemudian,"


Pemesan tiket kereta api mudik 2019 bisa langsung dipesan di https://tiket.azuratravel.com


- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -