Biasanya, penumpang pesawat harus meluangkan banyak waktu dengan hadir di bandara lebih awal dari jadwal penerbangan agar tidak ketinggalan pesawat. Padahal ada fasilitas web check-in yang disediakan oleh maskapai untuk mempermudah dan mempersingkat proses check-in penumpang. Kamu masih asing dengan fasilitas ini? Tenang, berikut ini adalah penjelasan mengenai sistem web check-in beserta sejumlah keuntungannya:

Apa itu web check-in?

Masuk ke situs maskapai dan ikuti instruksi yang ada. (Sumber: Shutterstock)
Masuk ke situs maskapai dan ikuti instruksi yang ada. (Sumber: Shutterstock)
Check-in  merupakan sebuah proses registrasi bagi penumpang di konter maskapai yang terdapat di bandara. Dengan perkembangan teknologi, check-in tak hanya bisa dilakukan di bandara, tapi bisa dari mana saja asalkan kamu terhubung dengan internet. Check-in yang mengandalkan koneksi internet ini biasa disebut dengan web check-in atau online check-in.
Tak berbeda dengan proses check-in di bandara, web check-in juga membutuhkan dokumen pendukung seperti tiket, KTP, juga paspor dan visa jika kamu akan menempuh perjalanan ke luar negeri.  Perbedaannya adalah, saat melakukan web check-in, kamu juga bisa mencetak boarding pass sendiri.
Selain itu, kamu juga bisa mengajukan beberapa request ke pihak maskapai seperti permintaan bassinet untuk bayi, pendaftaran bagasi, juga pemilihan nomor kursi penumpang jika memungkinkan.

Maskapai yang menyediakan fasilitas web check-in

Sebelum melakukan web check-in, pastikan maskapai yang kamu gunakan memiliki fasilitas ini. Berikut daftar maskapai favorit yang punya fasilitas web check-in:
No. Maskapai Halaman web check-in
1 AirAsia Klik di sini
2 Batik Air Klik di sini
3 Cathay Pacific Airways Klik di sini
4 Citilink Klik di sini
5 Etihad Airways Klik di sini
6 Garuda Indonesia Klik di sini
7 Jetstar Klik di sini
8 KLM Airlines Klik di sini
9 Lion Air Klik di sini
10 Singapore Airlines Klik di sini
11 Sriwijaya Air Klik di sini
12 Thai Airways Klik di sini
13 Tiger Air Klik di sini

Bagaimana cara melakukan web check-in?

Untuk melakukan web check-in, tentunya kamu harus punya PNR (Passenger Name Record) yang berupa kode angka dan huruf acak. PNR ini berisi identitas penumpang yang nantinya butuh diverifikasi saat check-in.
Hampir semua maskapai memiliki prosedur yang sama untuk web check-in. Kamu perlu masuk ke halaman khusus yang telah disediakan dan mengikuti alur pengisian informasi yang dibutuhkan. Setelah selesai, kamu bisa mencetaknya sendiri di rumah.
Umumnya, web check-in bisa dilakukan mulai H-14 sampai dengan empat jam sebelum jadwal keberangkatan. Ketentuan ini bisa berbeda sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai.

Siapa saja yang tidak diperbolehkan melakukan web check-in?

Kemudahan web check-in ini sayangnya tidak bisa dinikmati oleh semua penumpang. Berikut kategori penumpang yang tidak bisa melakukan web check-in:
  • Penumpang dalam keadaan hamil
  • Penumpang yang membawa anak-anak
  • Anak-anak berusia di bawah 2 tahun dan tidak mendapatkan kursi sendiri
  • Penumpang berusia di bawah 16 tahun dan bepergian sendiri
  • Penumpang yang mengalami kesulitan dalam bergerak dan membutuhkan bantuan khusus
  • Penumpang dengan masalah kesehatan yang baru bisa terbang dengan surat pengantar dari dokter
Kategori penumpang di atas masih bisa berubah sesuai dengan kebijakan masing-masing maskapai. Kamu bisa menghubungi pihak maskapai secara langsung untuk menanyakan hal-hal yang masih kurang dimengerti.

Keuntungan melakukan web check-in

shutterstock_258369512
Ingin hindari antrean di bandara? Web check-in jawabannya. (Sumber: Shutterstock)
Dengan melakukan web check-in, kamu bisa mendapatkan berbagai keuntungan, di antaranya:
  • Tidak perlu antre di konter check-in bandara
Ini sangat menguntungkan, terutama bagi kamu yang tidak membawa bagasi.  Karena sudah melakukan web check-in, kamu pun tak perlu terburu-buru dan bisa lebih leluasa saat berangkat ke bandara.
  • Bisa memilih nomor kursi
Fasilitas memilih nomor kursi ini berguna bagi kamu yang pergi secara berkelompok agar tidak diberikan nomor kursi yang terpisah jauh. Untuk fasilitas memilih nomor kursi ini, sebagian maskapai menetapkan biaya tambahan dan sebagian lainnya tidak. Untuk lebih jelasnya, kamu bisa mengecek kebijakan maskapai yang kamu gunakan untuk perjalananmu.
  • Tidak akan ditinggal pesawat (sampai batas waktu yang ditentukan)
Jika kamu sudah melakukan web check-in sebelum berangkat dan berada di ruang boarding tepat waktu yakni menjelang pesawat take off, namamu telah ada di database penerbangan. Karena namamu sudah terdaftar di database penumpang, awak kabin akan segera tahu jika kamu tidak ada di bangku penumpang dan akan memanggilmu sampai tiga kali sebelum pesawat lepas landas. Jadi, risiko ketinggalan pesawat bisa diminimalkan.
Fasilitas web check-in yang diberikan oleh maskapai terbukti memberikan beragam keuntungan buatmu sebagai penumpang. Kamu jadi tidak perlu datang lebih awal ke bandara dan mengantre untuk melakukan check-in di konter. Sudah siap beralih ke web check-in?

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -