TEMPO.CO, Jakarta - PT Angkasa Pura II menyatakan calon penumpang mulai hari ini, Minggu, 1 Maret 2015, tak perlu lagi membayar airport tax saat check in penerbangan di bandar udara. Airport tax (Passenger service charge/ PSC) sudah masuk komponen harga tiket yang dijual maskapai. 

"Di tiga belas bandara yang kami kelola, sudah tak ada lagi meja buat memungut airport tax," kata Direktur Operasional dan Teknik AP II Djoko Murjatmodjo saat dihubungi, Ahad, 1 Maret 2015. 

Menurut Djoko, PSC on ticket itu berlaku untuk semua penerbangan baik domestik maupun internasional. Saat ini, Angkasa Pura II mengelola tigas belas bandara di wilayah barat Indonesia. 

Senada dengan dengan AP II, Angkasa Pura I yang mengelola tiga belas bandara di wilayah Indonesia tengah dan timur juga telah menghapus pungutan airport tax di bandara. Airport tax sudah masuk dalam komponen harga tiket mulai hari ini. Menurut AP I, PSC on ticket per 1 Maret 2015 berlaku untuk seluruh penerbangan berjadwal domestik maupun luar negeri.

"Kendati belum semua penerbangan internasional menerapkan PSC on ticket, tetapi seluruh maskapai penerbangan yang terdaftar sebagai anggota IATA (Asosiasi Transporasi Udara Internasional) akan melaksanakan kebijakan tersebut per 1 Maret 2015," ujar Direktur Utama AP I Tommy Soetomo dalam keterangan tertulis. 

Pada 5 November 2014, sebenarnya Menteri Perhubungan Ignasius Jonan sudah mendesak agar PSC on Ticket diterapkan paling lambat akhir 2014. Aturan yang mewajibkan penerapan sistem ini pun sebetulnya sudah terbit pada 9 September 2014. Namun, karena Menteri Jonan tak memberi tenggat, implementasinya baru bisa hari ini. 

Gara-gara PSC belum masuk dalam komponen harga tiket, calon penumpang harus membayar PSC ketika hendak check-in penerbangan. Besarannya bervariasi di tiap-tiap bandara. Kini, penumpang tak perlu lagi membayar PSC di bandara karena sudah masuk di tiket pesawat. 


Readmore : Tempo dot co

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -