Henn na Hotel (sumber: NY Daily)

Sebuah hotel di Nagasaki, Jepang bakal menjadi hotel pertama di dunia yang sebagian besar karyawannya adalah robot. Hotel bernama Henn-na tersebut rencananya akan dibuka Juli mendatang.
Hotel dengan 72 kamar itu akan dilayani 10 robot humanoid yang memiliki kemampuan menyapa pengunjung, membawa tas, serta membersihkan kamar.
Teknologi yang digunakan para staf hotel tersebut bukanlah kisah fiksi sains belaka. Robot yang akan beroperasi di Hotel Henn-na itu berasa dari perusahaan robot Kokoro yang telah mengembangkan actroid atau robot menyerupai manusia sejak 2003 lalu.
Kokoro actroids dibuat meniru rupa dan gaya perempuan muda Jepang. Robot ini mampu meniru perilaku manusia seperti bernafas dan mengedipkan mata. Robot ini juga mampu fasih berbicara Jepang, Tiongkok, Korea dan Inggris. Actroids tersebut juga mengerti bagaimana membuat kontak mata dan merespon bahasa tubuh serta intonasi dari lawan bicaranya.

Hotel Henn-na sendiri berarti "perubahan" atau "aneh" dalam Bahasa Jepang.
Menurut presiden perusahaan Huis Ten Bosch Hideo Sawada yang membangun hotel tersebut, ia mengharapkan robot akan melakukan 90% pekerjaan yang musti dilakukan karyawan hotel.
"Kami akan membuat hotel paling efesien se-dunia," kata Sawada kepada Japan Times.
Tamu hotel bisa mengakses kamar mereka melalui pengenalan wajah bukan menggunakan kartu kunci yang lazim digunakan di hotel-hotel pada saat ini. Tamu juga bisa menghubungi layanan kamar menggunakan tablet yang sudah disediakan.
Hotel Henn-na akan berlokasi di Theme Park Huis Ten Bosch yang juga disebut Huis Ten Bosch. Bangunan hotel dibuat seperti pemukiman bangsa Belanda pada abad ke-17 di Nagasaki. Sewa kamar untuk menginap di Hotel Henn-na dimulai dari AS$ 60 atau sekitar Rp 760.000 per malamnya.
Tertarik untuk mencoba layanan hotel robot? Anda bisa mengunjungi Nagasaki pada Juli mendatang.

Read more: www.beritasatu.com




- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -