Ilustrasi Gerhana Matahari Total
Menjadikan momen Gerhana Matahari Total (GMT) 2016 sebagai momen pariwisata nampaknya bukan hanya wacana belaka. Setelah PATA Indonesia Chapter mengundang beberapa wakil kepala daerah yang akan dilintasi oleh GMT, mereka bersepakat untuk bersinergi mengemas wisata GMT ini menjadi sesuatu yang menarik.
“Dari hasil kesepakatan, mereka (kepala daerah) berencana akan mengemasnya dengan kolaborasi budaya dan mitos. Akan ada sendratari atau upacara-upacara adat yang akan digelar sebagai pertunjukan saat GMT. Lalu setelahnya bisa dilanjutkan dengan membawa mitos atau dongeng-dongeng zaman dulu saat GMT berlangsung,” ungkap CEO PIC, Poernomo Siswoprasetijo.

Pergelaran budaya dan mitos-mitos yang kembali ditampilkan saat GMT tiba diharapkan dapat menunjukkan identitas kota tersebut. Seperti yang diketahui, mitos-mitos yang berkembang memang banyak seputar GMT. Dahulu, GMT bukan hanya dianggap membahayakan, beberapa kota melakukan ritual khusus menyambutnya.
“Di salah satu kota yang tadi kami undang berdiskusi ada yang punya kebiasaan-kebiasaan unik saat GMT, mereka berkumpul di rumah dan melakukan ritual. Tidak ada yang boleh keluar rumah. Ya dongeng-dongeng seperti itu lah yang nantinya dihidupkan kembali,” paparnya.
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Bangka Belitung, K. A. Tajuddin yang juga sempat hadir waktu itu menuturkan bahwa dahulu di Belitung, juga punya tradisi yang tidak biasa. “Zaman dahulu, saat GMT orang-orang berkumpul. Semuanya punya kebiasaan untuk memakai bedak dingin. Ada kepercayaan yang terbangun. Ini menjadi satu hal yang unik. Kemungkinan saat GMT nanti kita buat atraksi,” ungkapnya.
GMT diprediksi akan melintasi tujuh kota di Indonesia. Antara lain, Belitung, Balikpapan, Palangkaraya, Bengkulu, Ternate, Palembang, dan Palu. GMT merupakan fenomena langka ini belum dapat disaksikan kembali dalam 40 tahun ke depan. Oleh karena itu, PIC sebagai bagian dari badan pariwisata dunia, melihat GMT sebagai salah satu fenomena yang dapat membantu meningkatkan potensi wisata daerah yang dilalui GMT. PIC bekerja sama dengan pemerintah daerah, industri pariwisata, dan Kementerian Pariwisata untuk mempromosikan wisata GMT tersebut.


Read more: www.tribunnews.com

 BANGKA GMT PACKAGE

2Days/1Night, 8-9 Maret 2016


Hari Pertama :

Tiba di Pangkalpinang, peserta dijemput dan diantar ke hotel. Selanjutnya tour  mengunjungi Bangka Botanical Garden dan belanja oleh oleh khas Bangka, makan malam seafood di pantai pasir padi.




Hari Kedua :

Pukul 04:00 WIB peserta diantar menuju pantai penyak di Koba menyaksikan Gerhana Matahari diperkirakan terjadi mulai pk 06:20WIB dan gerhana total pada pk.07:20WIB
(selama 2menit 10detik) Makan pagi, snacks + teh/kopi disiapkan dipantai .
(*bagi yg ingin melakukan sholat gerhana massal pk 06.45-07.10WIB )
Setelah itu Anda akan diajak mengunjungi danau kaolin, fenomena unik air biru bekas tambang timah di desa air bara. Sore hari diantar kebandara. Sampai ketemu di event tour kami berikutnya bersama Tour and Travel Revolution ( TTR )




* Disarankan penerbangan paling pagi dari Jakarta dan paling malam dari Pangkalpinang
* Hotel Bangka City

Harga : 
Double  IDR 1.699.000
Single    IDR  2.200.000

Harga Sudah Termasuk :
- Tour 2D1N
- Guide Local
- Makan Malam
- Makan Pagi

Harga Tidak Termasuk :
- Tiket Pesawat
- Handing 250.000 / pax
- Biaya di luar Program Tour


Daftar SMS/ WA Ketik :
Tour GMT/ Nama / Jumlah Peserta
No HP 0812 96706 306




- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -