Photo by Qori Azizul Hakim
Air terjun adalah aliran arus air yang yang mengalir ke bawah dari suatu ketinggian. Setiap air terjun biasanya memiliki karakteristik tersendiri. Baik dari segi volume air, lebar air terjun, ketinggian hingga panorama alam di sekitarnya. Menikmati keindahan aliran arus air yang langsung terjun ke bawah dan merasakan sensasi percik-percik kesegarannya merupakan kenikmatan tersendiri. Nah, berikut lima air terjun terindah yang ada di dunia.

Air Terjun Gullfoss

Air terjun ini dikenal juga dengan nama Golden Falls (Air Terjun Emas). Letaknya berada di ngarai dari Sungai Hvita, Islandia. Air terjun ini ukurannya cukup besar dan merupakan air terjun bertingkat. Di tingkat akhir, aliran air terjun ini akan jatuh ke dalam celah yang cukup dalam. Sehingga membuat air terjun ini seakan-akan masuk ke dalam celah bumi.

Air Terjun Baatara Gorge

Air terjun ini berada di dalam sebuah gua yang terletak di Desa Balaa, antara kota Laqlouq dan Tannourine, Lebanon. Gua yang memiliki air terjun cantik ini dikenal dengan nama Gua Tiga Jembatan karena memang gua ini cukup besar dan terdiri dari tiga lantai (dimana lantai di setiap gua ini berbentuk seperti jembatan). Aliran air pada air terjun ini berasal dari Gunung Lebanon yang jatuh dari ketinggian sekitar 250 meter ke bawah gua.  Hanya saja, air terjun ini hanya mengalir saat musim semi yakni antara bulan Maret-April.

Air Terjun Kaieteur

Air terjun ini berada di Essequibo, Guyana. Air terjun ini memiliki ketinggian sekitar 226 meter dan mengalir dari Sungai Potaro. Bahkan ketinggian air terjun ini empat kali lebih tinggi dari Air Terjun Niagara yang terletak di garis perbatasan antara Amerika Serikat dan Kanada. Selain itu keindahan alam di sekitar kawasan air terjun ini masih terjaga, sehingga semakin menambah daya pesonanya.

Air Terjun Victoria

Air terjun ini terletak di Sungai Zambezi, yakni berada di perbatasan antara Zambia dan Zimbabwe, Afrika bagian Selatan. Air terjun ini dikenal juga dengan nama Mosi-ao-Tunya yang berarti asap yang bergemuruh. Ketinggian air terjun ini sekitar 108 meter dengan lebar sekitar 1.708 meter. Nama Victoria diberikan oleh seorang penjelajah asal Skotlandia, David Livingstone untuk menghormati Ratu Victoria. Kebanyakan wisatawan datang ke tempat ini antara bulan September dan Desember dimana aliran sungai berkurang sehingga mereka bisa berenang bahkan hingga ke tepi air terjun.

Air Terjun Huangguoshu

Air terjun ini berada di Sungai Baihe Anshun, Provinsi Guizhou, Tiongkok dan merupakan kumpulan air terjun yang sambung-menyambung. Tingginya sekitar 77,8 meter dengan lebar sekitar 101 meter. Sedangkan air terjun utamanya mempunyai lebar sekitar 67 meter dan tinggi sekitar 83,3 meter. Uniknya di balik tirai air terjun ini terdapat sebuah gua yang disebut dengan Shuiliandong. Selain itu air terjun ini merupakan air terjun yang bisa dilihat dari enam arah yakni dari atas, bawah, depan, belakang, kiri dan kanan.

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -