Pasar Apung ( by google.com )



Di Indonesia sungai bukan hanya sebagai tempat air mengalir saja, tapi juga sebagai sarana transportasi serta tempat kegiatan ekonomi. Yupss, di beberapa daerah di Indonesia terdapat pasar apung yang berada di atas sungai. Pasar apung ini sangat unik dan menarik, karena semua aktivitasnya dilakukan di atas air menggunakan perahu. Ini dia empat pasar apung paling keren di Indonesia:

Pasar Terapung Muara Kuin, Banjarmasin

Kalimantan Selatan memang terkenal dengan pasar terapungnya. Di sini ada dua pasar terapung yang masih aktif. Salah satunya yakni Pasar Terapung Muara Kuin yang berada di atas Sungai Barito. Pasar buka mulai pagi hari yaitu dari pukul 05.00 sampai pukul 07.00 WITA. Penjual dan pembeli bertransaksi dari atas jukung atau perahu. Berbagai jenis barang bisa kita temukan di pasar ini mulai dari sayuran, buah, ikan sampai perangkat dapur seperti tanaman. Bahkan restoran di atas perahu pun juga ada di pasar ini.

Pasar Terapung Lok Baitan, Banjar

Selain Pasar Terapung Muara Kuin, ada juga pasar terapung lainnya yaitu Pasar Terapung Lok Baintan, Banjar. Pasar ini berada di Sungai Tabuk, Kabupaten Banjar. Tak jauh beda dengan Pasar Terapung Muara Kuin, pasar ini juga dipenuhi oleh pedagang dan pembeli yang menggunakan perahu kecil. Turis yang datang bisa menyewa perahu kecil untuk berkeliling pasar.

Pasar Terapung Ah Poong, Bogor

Di Bogor ternyata juga ada pasar terapung. Bedanya pasar terapung di sini jauh lebih modern yakni terdiri dari jejeran restauran yang menyuguhkan panorama khas pasar terapung. Berada di aliran Sungai Cikeas, berbagai makanan khas Indonesia bisa Anda temukan di sini.  Pasar ini memang pasar terapung buatan. Pengunjung juga bisa mengarungi pasar dengan perahu.

Pasar Terapung Langkat, Sumatera Utara

Pasar Terapung juga ada di Sumatera Utara. Namun berbeda dengan pasar terapung yang ada di Kalimantan, Pasar Terapung Langkat memang sengaja dibangun oleh pemerintah setempat yakni pada tahun 2009. Berada di sungai Langkat, pasar terapung di sini jauh lebih modern. Meskipun konsepnya sama dengan pasar terapung di Kalimantan. Pasar ini memang sengaja dibuat untuk menjaga kestabilan harga ikan kerapu.

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -