http://www.azuratraveltour.com/2014/08/gebrakan-jonan-membenahi-layanan-kereta.html

Jonan saat periksa tiket

Ignasius Jonan kembali diangkat menjadi Direktur Utama PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) untuk periode ke-2. Setelah sejak 2009 dia memimpin perusahaan transportasi publik banyak penghargaan dan torehan prestasi telah dia dapatkan. Saat ini, Jonan dinobatkan sebagai CEO BUMN yang paling bersinar karena gebrakannya dalam melakukan pembenahan kereta api sehingga menjadi setertib dan senyaman saat ini.



1. Tetapkan Sistem Boarding Pass

Bagi calon penumpang kereta yang ingin berangkat, harus menunjukkan kartu identitas sesuai dengan nama yang tetera pada tiket kereta. Hal ini menjadikan penumpang tidak lagi leluasa keluar masuk stasiun pemberangkatan jarak jauh seperti di Gambir atau Senen, Jakarta Pusat.

2. Penjualan Tiket Online

Dengan tersedianya penjualan tiket kereta online, penumpang tidak harus berburu tiket kereta di stasiun. Sudah hampir dua kali lebaran ini penumpang harus berburu tiket kereta online, atau mendatangi toko ritel yang bekerjasama dengan PT KAI karena penjualan loket mulai dibatasi. PT KAI pun menginformasikan jumlah tiket yang tersedia atau tidaknya setiap harinya pada layar monitor loket penjualan.

3. Percepat Waktu Tempuh

PT KAI akan mempercepat waktu tempuh perjalanan. Hal ini dibuktikan dengan selesainya jalur rel ganda, dalam grafik perjalanan kereta api (Gapeka) 2014 , terdapat penambahan jumlah kereta api jarak jauh, semisal jumlah KA dari 138 KA di Gapeka 2013 menjadi 182 KA di Gapeka 2014.

PT KAI juga mempercepat waktu tempuh dengan menambah 91 perjalanan di Gapeka 2014 ini pada KRL yang melayani warga Jabodetabek. Hal ini dilakukan untuk mencapai target 1,2 juta penumpang di tahun 2018. Sementara KA Bandara Kualanamu, PT KAI juga menambah dari 26 KA di Gapeka sebelumnya menjadi 40 KA di Gapeka 2014 ini.

4. Hidupkan Jalur Mati

Jalur mati yang dihidupkan kembali di antaranya rute Sukabumi - Bogor, Jawa Barat. Rute Semarang Tawang Semarang Poncol Weleri Plabuan Pekalongan dengan Pekalongan Ekspre. Selain itu PT KAI membuka kembali rute Solo-Purwokerto dengan KA Kalijaga dan mengoperasikan KA baru relasi Purwokerto-Semarang Tawang.

Selain di Jawa, PT KAI mulai membenahi rute Sumatra. Diantaranya dengan dioperasikannya kereta dari dan ke Bandara Kualanamu- Medan, serta membangun 5 stasiun di wilayah Provinsi Lampung, yakni Stasiun Sukamenanti, Stasiun Gedung Ratu, Stasiun Candi Mas, Stasiun Tanjung Rajo, dan Stasiun Way Pisang. Dan di Provinsi Sumatera Selatan, dengan 6 stasiun seperti Stasiun Sungai Tuha, Stasiun Lubuk Batang, Stasiun Kepayang, Stasiun Sukamerindu, Stasiun Talang Padang, dan Stasiun Tanjung Terang. Selanjutnya, PT KAI akan meresmikan jalur ganda sepanjang 22 km dari Stasiun Prabumulih sampai Stasiun Niru.

5. Bersih, nyaman, dan aman di dalam KA

Tidak hanya sarana dan prasarana yang diperbaiki Jonan dalam masa kepemimpinannya dalam enam tahun ini. Misalnya di stasiun sekarang diterapkan sistem boarding pass, fasilitas toilet gratis, ruang ibu menyusui, dan pembelian tiket sampai H-90 sebelum keberangkatan.

Read more: www.merdeka.com

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -