Teh Anget Menu Favorite Berbuka Puasaku, Kalau Kamu? 
Di Indonesia ada semacam tradisi unik saat Ramadhan salah satunya menjamurnya pasar-pasar kuliner yang hanya buka di waktu Ramadhan saja, seperti Pasar Kauman di Yogyakarta. Pasar-pasar Ramadhan ini biasanya menjual aneka macam makanan khas Ramadhan. Bahkan ada beberapa makanan tradisional yang hanya bisa kita jumpai saat Ramadhan saja. Apa saja itu? Ini dia:

Es Kopi Luwak

Llain pula dengan Lampung. Masyarakat Lampung dikenal punya kebiasaan minum kopi. Tak heran karena Lampung merupakan kota penghasil kopi luwak yang paling bermutu. Saat Ramadhan, minuman yang paling terkenal di Lampung adalah es kopi luwak. Minuman ini biasa disajikan saat berbuka puasa sebagai pengganti tenaga yang hilang setelah seharian berpuasa. Rasanya segar dan mantap, apalagi ditambah dengan madu sebagai pelengkapnya.

Pakat, Tapanuli

Di Tapanuli ada makanan khas Ramadhan yang cukup unik. Makanan ini memang hanya ada saat Ramadhan saja, sehingga jarang kita temukan di bulan-bulan lainnya. Namanya Pakat, terbuat dari rotan muda yang dipotong kemudian dibakar di atas tungku kurang lebih selama satu jam. Biasanya dimakan dengan menggunakan santan. Pakat bisa dijumpai di Jalan Letda Sujono Medan.

Mie Glosor, Bogor

Seperti yang kita tahu Bogor terkenal dengan kuliner laksa dan asinannya. Namun bukan itu makanan khas saat Ramadhan di kota ini. Ada satu makanan khas yang cukup popular di Bulan Ramadhan yaitu mie glosor. Mie glosor berwarna kuning cerah dengan tekstur mienya yang kenyal. Mie ini menjadi menu favorit saat berbuka puasa. Mie glosor sendiri berarti mudah ditelan.

Sate Susu, Denpasar Bali

Meski warga muslim di Denpasar, Bali termasuk minoritas namun kota ini juga mempunyai kuliner khas Ramadhan. Sate susu nama kuliner ini. Namanya memang sedikit aneh tapi cukup sesuai mengingat bahan dasar sate ini. Sate susu terbuat dari payudara sapi. Khasiatnya dipercaya mampu menambah stamina yang hilang setelah puasa. Sate susu dibumbui dengan rempah dan dihidangkan bersama plecing kangkung.

Kicak

Kicak adalah makanan tradisional dari Kota Gudeg Yogyakarta. Makanan ini cukup popular loh, namun hanya bisa kita jumpai saat bulan Ramadhan saja. Biasanya bisa kita temukan di daerah Kauman yang merupakan tempat asal makanan ini. Berbahan dasar ketan yang telah dikukus kemudian dihancurkan dan dicampur santan, kelapa serta buah nangka. Makanan ini disajikan dengan bungkusan daun pisang. Rasanya manis legit dengan aroma wangi khas nangka. Konon makanan ini sudah ada sejak tahun 1970an.

Nah bagimana dengan makanan khas Ramadhan di daerahmu Sobat?

- Copyright © 2016 AZURA TRAVEL TOUR - Terms Conditions - FAQ - LEGALITAS -